Beragam Jenis Lidah Buaya Serta Berbagai Manfaatnya Untuk Kecantikan

Topmetro.news – Manfaat dan Nutrisi pembentuk yang dikandung lidah buaya ini dapat digunakan oleh kulit kita untuk melawan efek penuaan. Sepanjang hari kulit kita dihadapkan dengan polusi, kotoran dan elemen lain dari lingkungan. Jika Anda bermasalah dengan jerawat atau memiliki kulit berminyak sangat penting untuk membersihkan wajah setelah keluar rumah. Lidah buaya bisa jadi pilihan bagus untuk perawatan wajah.

Berbagai kandungan mengganggu yang terhampar di udara biasanya dapat menempel pada kulit berminyak dan dapat menyebabkan noda yang akan memperburuk keadaan pada kulit sensitif. PH pada lidah buaya dapat mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus membersihkan kulit yang bernoda.

Beragam Manfaat Lidah Buaya

Beragam Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya untuk perawatan kulit berminyak bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Caranya, cukup oleskan lidah buaya lalu diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat lalu percikkan air dingin. Jika Anda ingin cara alami perawatan kulit dengan lidah buaya untuk kulit berminyak atau mengatasi kulit bernoda, campurkan jus lidah buaya dengan air ditambah essential oil sesuai selera dan gunakan untuk masker selama beberapa saat.

Betapa banyaknya manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan. Jadi, Tak ada salahnya jika mencoba cara sederhana ini untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit kita.

Ada lebih dari 200 jenis tumbuhan lidah buaya(aloe vera), tapi sebenarnya hanya lima jenis yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan atau yang biasa digunakan untuk produk-produk kecantikan. Yaitu, Aloe Barbadensis Miller, Aloe Perryi Baker, Aloe Ferox, Aloe Arborescens dan Aloe Saponaria.

Semakin tua tumbuhan lidah buaya semakin banyak memberi manfaat untuk nutrisi maupun pengobatan. Gel lidah buaya seringkali digunakan untuk mengobati luka gores, tersayat, gigitan serangga dan ruam.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu kala. Menurut catatan sejarah penggunaan lidah buaya untuk bahan pengobatan telah digunakan sejak Tahun 1.500 SM. Lidah buaya diduga juga menjadi bahan rahasia kecantikan Cloepatra dan itu disebutkan dalam al kitab beberapa kali.

Penyembuhan dan pengobatan luar biasa dari tumbuhan ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Dengan meminum dua sampai empat ons, atau bahkan 1/2 cangkir jus lidah buaya setiap hari akan membuat kulit Anda terlihat bersih dan memperbaiki kualitas kulit. Lidah buaya dapat memperkaya persediaan material pembangun untuk memproduksi dan memperbaiki kesehatan kulit. Secara alami kulit kita memperbaiki diri dalam setiap 21 hingga 28 hari.

Asal Lidah Buaya

Asal Lidah Buaya

Tanaman endemik Kenya ini dapat tumbuh hingga 8 meter dengan batang tunggal berdiameter sekitar 15 cm. Aloe ballyi mengandung antrakuinon yang bermanfaat untuk pencernaan dan dapat digunakan untuk pewarna tekstil. Berbeda dari jenis lidah buaya sebelumnya, Aloe bakeri merupakan tanaman asli Madagaskar yang hidup pada ketinggian 0 sampai 500 mdpl. Ukurannya pun cukup kecil, hanya sekitar 10 sampai 20 cm dengan lebar bisa mencapai 40 cm.

Seperti kebanyakan lidah buaya, Aloe bakeri ini juga berbintik putih namun warna daunnya bisa hijau kemerahan. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan bunga dengan warna oranye dengan ujung hijau yang indah. Aloe aristata ini memiliki beberapa sebutan yaitu Lace aloe, Torch plant dan Guinea-fowl aloe. Warna hijau tua dengan bintik putih pada daunnya dan bunga di tengah memberikan daya tarik tersendiri. Lidah buaya jenis ini salah satu paling cantik dan dapat dijadikan hiasan di dalam rumah karena ukurannya yang cukup kecil. Aloe albiflora memiliki keunikan tersendiri dan lebih mudah diketahui dari ukuran dan ciri khasnya.

Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Benua Afrika. Tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan untuk kecantikan, seperti menghitamkan rambut hingga melembabkan kulit, bahkan mampu mengatasi masalah pencernaan. Selain dimanfaatkan untuk perawatan dan kesehatan tubuh, kamu juga bisa memanfaatkan untuk hiasan di dalam ruangan maupun halaman rumah.

Jenis-Jenis Lidah Buaya

Jenis-Jenis Lidah Buaya

Sebelum menikmati berbagai manfaat Aloe vera, alangkah baiknya kamu mengetahui jenis-jenis Aloe vera supaya tidak salah dalam pemanfaatannya. Yuk, simak jenis-jenis Aloe vera berikut!

Aloe albiflora salah satu jenis Aloe vera yang berukuran kecil berwarna hijau keabuan dengan bintik-bintik putih. Tanaman ini memiliki bunga berwana putih seperti bunga bakung, namun ukurannya lebih kecil. Bunga tersebut bisa mekar sepanjang tahun tanpa terpengaruh musim. Ukurannya yang kecil dan bisa menghasilkan bunga, Aloe albiflora ini bisa kamu jadikan tanaman hias di dalam rumah.

Aloe ballyi ini berbeda dari sebelumnya, jenis ini terdaftar sebagai tanaman yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Lidah buaya bertangkai tunggal ini bisa tumbuh mencapai 6 meter dengan daun yang cukup lebar dibanding jenis lainnya. Selain itu, duri atau gerigi di tepi daunnya bisa berwarna kemerahan. Bahkan bunga yang dihasilkannya tumbuh menyamping dari sela-sela daun. Bunganya berwarna oranye, kuning atau merah dan lebih banyak dari lidah buaya pada umumnya.

Selanjutnya

Aloe nobilis bisa menjadi pertimbangan selain untuk dekorasi dalam ruangan. Keunikan tersendiri yang dimilikinya, yaitu tepi daunnya akan memerah ketika terpapar sinar matahari. Namun, lidah buaya satu ini tidak dapat hidup pada suhu yang terlalu panas maupun terlalu banyak air. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan secukupnya dengan drainase berupa tanah berpasir atau berbatu.

Aloe barberae Berbeda dari lidah buaya pada umumnya, Lidah buaya yang satu ini merupakan salah satu jenis Aloe terbesar di Afrika Selatan. Ukuran tingginya bisa mencapai 18 meter dan berdiameter 3 meter dengan daun-daun soliter. Selain itu, bunga berwarna oranye yang dihasilkan akan muncul di antara daunnya. Biasanya bunga tersebut akan tampak pada bulan Mei dan Juni. Lidah buaya jenis ini tidak boleh tergenang air atau disiram dengan terlalu banyak air. Tanaman yang berasal dari Benua Afrika ini sudah beradaptasi dengan iklim kering, sehingga memiliki daun seperti jarum untuk mengurangi penguapan. Selain itu, batangnya juga mampu menyimpan banyak cadangan air.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan beberapa jenis Aloe vera, serta beragam kandungan di dalamnya yang memiliki berbagai manfaaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sekian dari penulis, Salam sehat!

Penulis | Putu

Related posts

Leave a Comment