BTN Siap Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Sektor Properti

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap berkolaborasi dengan Realestat Indonesia (REI) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor properti, khususnya dari sektor pembiayaan perumahan di Indonesia.

topmetronews – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap berkolaborasi dengan Realestat Indonesia (REI) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor properti, khususnya dari sektor pembiayaan perumahan di Indonesia.

Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar, menegaskan hal itu, Kamis (2/3/2023), di sela acara HUT REI ke-51 di Medan.

Menurutnya, meski tahun 2023 masih banyak tantangan, seperti masalah krisis ekonomi global, inflasi, kenaikan suku bunga, BI Rate yang berdampak kepada suku bunga KPR.l, namun dengan kolaborasi bersama pengembang atau developer anggota REI, perseroan tetap optimistis mampu memberikan kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor properti.

“Pada tahun 2022 pertumbuhan kredit terus tumbuh dua digit, walaupun belum terlalu besar. Karena itu kita dorong bersama. Mumpung kita kumpul saat ini, kita dorong pertumbuhannya agar lebih besar lagi,” ungkap Hirwandi.

Menurut Hirwandi, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor properti, BTN berharap para developer terus membangun rumah. Apalagi permintaan rumah saat ini tetap tinggi, namun suplai yang ada masih terbatas.

“Kinerja dari REI sangat luar biasa. Dan rumahnya sudah bagus-bagus, dengan desain yang bagus walaupun rumah subsidi. BTN berharap anggota REI di seluruh Indonesia terus membangun rumah, agar suplai rumah bisa mengimbangi permintaan yang tinggi,” katanya.

5 Juta Unit

Hirwandi menuturkan, sejak BTN berdiri hingga saat ini, sudah melakukan pembiayaan lebih dari 5 juta unit rumah bagi masyarakat Indonesia. Baik subsidi maupun nonsubsidi.

Ada pun setiap tahunnya, perseroan memiliki kemampuan dan kapasitas untuk membiayai 200.000 KPR subsidi. Kemudian, 60.000-70.000 unit rumah untuk KPR nonsubsidi. “Ini bagian dari komitmen dalam mendukung sektor perumahan bagi masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Hirwandi menegaskan, pencapaian yang luar biasa tersebut, bukan hanya hasil semata dari BTN. Melainkan berkat kinerja dan kerjasama dengan developer, termasuk REI. “Dengan dukungan yang luar biasa dari REI, kita kerjasama dengan hasil yang luar biasa,” paparnya.

Ketua Umum DPP REI Paulus Toto Lusida dalam acara HUT ke-51 REI mengatakan, REI akan akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dan mitra kerja dalam pembangunan perumahan dan permukiman secara berkelanjutan. Salah satunya bekerjasama dengan BTN.

“Kami melihat Bank BTN adalah porsi terbesar dari fasilitas untuk kredit di properti. Jadi bukan hanya di KPR, tapi juga di kredit konstruksi dan BTN merupakan bank terbesar untuk sektor properti,” ujar Paulus.

Menurutnya, sektor properti memiliki ‘multiplier effect bagi’ sekitar 174 industri terkait dengan pembangunan perumahan. Sehingga dengan bangkitnya sektor properti, dampaknya akan terasa terhadap perekonomian nasional.

BTN menjadi salah satu institusi yang memiliki kontribusi besar terhadap kemajuan sektor properti, khususnya pembiayaan perumahan di Indonesia.

reporter | Robert Siregar/Rel

Related posts

Leave a Comment