Kelahiran Bayi Anoa Upaya Pelestarian Satwa Paling Dilindungi, Sehat, Mampu Berinteraksi dengan Induknya

Kelahiran bayi anoa

TOPMETRO.NEWS – Kelahiran bayi anoa menambah daftar satwa jenis ini di Anoa Breeding Centre (ABC), Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Kelahiran bayi anoa itu diketahui Minggu, 9 Juli 2023 sekitar pukul 21.56 WITA. Dilaporkan seekor bayi anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) berjenis kelamin jantan dari induk anoa betina Anara dan anoa jantan Rocky.

Kelahiran bayi anoa bobot badan 6 kg dan panjang badan 52 cm ini dinyatakan sehat.

BACA PULA | Mata Uang Asing Palsu Senilai Belasan Triliun Dibongkar Polisi, Disita Senjata Air Soft Gun

Seperti dilansir TOPMETRO.NEWS pada Rabu 19 Juli 2023.

Di website resmi milik Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup itu, Heru Setiawan, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Manado, turut memberi keterangan.

Kata dia, proses kelahiran berlangsung secara normal. Tim dokter hewan ABC menilai, kelahiran bayi anoa, baik induk maupun bayinya dalam kondisi sehat.

BACA PULA | KASIHAN..!!! Pasutri Lansia Jadi Korban Kejahatan Ganjal ATM, Uang Rp 40 Juta Raib, Kartunya Ditukar

Terlihat bayi anoa itu sudah mampu berinteraksi dengan induknya. Selain itu sudah bisa menyusu dan berjalan normal. “Bayi anoa ini masuk keturunan generasi kedua (F2) pertama yang lahir di ABC BPSILHK Manado,” ujarnya.

Sekadar diketahui, tempat dan lokasi kelahiran bayi anoa di ABC BPSILHK bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara.

Sedang ABC BPSILHK Manado diresmikan Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 5 Februari 2015 silam.

BACA PULA | Ssst… Tenaga Honorer Dihapus November, Menteri PAN-RB Bilang Begini

Selama kurun waktu 8 tahun ada 5 kelahiran selamat di ABC Manado dalam kondisi sehat. Bayi anoa pertama lahir 7 Februari 2017 bernama Maesa.

Bayi anoa kedua lahir 8 November 2017 bernama Anara. Bayi anoa ketiga lahir 25 Juli 2018 bernama Deandra. Bayi anoa keempat lahir 16 Januari 2023 bernama Raden.

Kelahiran bayi anoa kali ini menjadi kelahiran ke-5 di tempat itu. Saat ini ABC mencatat punya 10 individu anoa. Ke 10 individu itu terdiri dari 5 jantan dan 5 betina.

BACA PULA | Transgender Rikkie Valerie Kolle Berdarah Indonesia-Belanda Juarai Ajang Miss Netherland 2023

Menurut Heru Setiawan keberhasilan kelahiran anoa di ABC kali ini menjadi kado spesial bagi Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK).

Pasalnya pada 1 Juli silam merayakan ulang tahun ke-2. Kedepannya, pihaknya berharap ABC dapat terus berkembang dan menjadi garda terdepan bagi upaya pelestarian anoa, terutama dalam penyediaan standar dan teknologi pengelolaan anoa secara eksitu.

Pelestarian satwa anoa di ABC pun didukung PT Cargill Indonesia-Amurang sebagai mitra.

BACA PULA | Jhonny G. Plate Ditangkap Kejagung, Jokowi Lantik Budi Arie Setiadi Jadi Menteri Kominfo

Kelahiran bayi anoa ini, Heru Setiawan pun mengapresiasi kinerja dokter hewan, keeper dan tim dari ABC serta BKSDA Sulawesi Utara.

Diketahui pula, anoa (Bubalus sp.) merupakan satwa endemik Sulawesi yang dilindungi, serta termasuk 25 satwa prioritas yang dilindungi dan ditingkatkan populasinya.

Data IUCN Red list menyebut, diperkirakan populasi anoa di seluruh wilayah Sulawesi tidak lebih dari 2.500 individu.

BACA PULA | Suami Jangan Tertipu..!!! Perhatikan Ini, Tanda Wanita Klimaks Bercinta

Kelahiran bayi anoa di ABC yang kedua di tahun 2023 ini menurut Askhari Dg Masikki, Kepala BKSDA Sulawesi Utara menjadi penyemangat bagi pegiat konservasi untuk meningkatkan populasi anoa secara eksitu.

reporter | dpsilalahi

asl1

Related posts

Leave a Comment