Kapal Nelayan Sibolga Meledak di Nias, 2 Awak Hilang

kapal nelayan sibolga

Topmetro.News – Kapal nelayan Sibolga dilaporkan terbakar dan meledak di sekitar Pulau Bintanah di Kabupaten Nias, Rabu (13/2/2019). Akibat peristiwa kapal nelayan Sibolga yang meledak itu, dua dari empat awak kapal hilang, hingga kini belum ditemukan. Penyebabnya diduga tabung gas elpiji dikapal itu meledak menyebabkan kapal terbakar.

Benni, Koordinator Pos SAR Sibolga mengakui hal itu, Kamis (14/2/2019).

Kapal Nelayan Sibolga Dilaporkankan Kecelakaan oleh Pemilik

Benni mengakui, pihaknya mendapat laporan dari Nazlim Nazara, pemilik kapal. Dalam laporan itu dijelaskan, telah terjadi kecelakaan kapal penangkap ikan KM Mujur Indah, GT 2 SUT 5, No 131 di seputaran Pulau Bintanah sekira pukul 15.00 WIB, Rabu (13/2/2019).

“Kapal itu membawa empat orang awak terdiri atas Kardiman Nazara (nakhoda) dan tiga orang ABK atas nama Nazar Naupal, Saifansyah Siregar dan Azyun Amri Baeha,” jabar Benni.

baca juga: TABRAK KAPAL NELAYAN, 1 TEWAS, 1 HILANG

Kapal Nelayan Sibolga Gunakan Alat Tangkap Panah

Dia menjelaskan seperti biasa kapal yang menggunakan alat tangkap panah ikan itu biasa sandar di Tangkahan Murni, Sibolga.

Dari peristiwa ini, dua orang awak kapal berhasil selamat, yaitu Saifansyah Siregar dan Azyun Amri Baeha. Mereka selamat lantaran ditemukan nelayan lain yang kebetulan melintas di lokasi kejadian.

Keduanya dilaporkan menderita luka bakar dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Meta Medika Sibolga.

“Saifansyah Siregar mengalami luka bakar 50 persen pada badan bagian depan, sedangkan Azyun Amri Baeha terbakar 10 persen pada tangan. Kondisi Azyun Amri Baeha saat ini rawat jalan, sedangkan Saifansyah Siregar masih dirawat di rumah sakit,” katanya seperti disiarkan Antara.

Dua Awak Hilang Masih Dicari

Sementara dua awak kapal lainnya, yakni Kardiman Nazara dan Nazar Naupal, masih dalam proses pencarian.

“Hari ini pencarian hari ke dua yang kita lakukan dan belum ada tanda-tanda ditemukan.”

Menurut Benni, sesuai laporan korban selamat, kapal mereka terbakar dan kemudian karam lantaran tabung gas elpiji meledak.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment