Kapoldasu: Pesta Demokrasi di Sumut tak Ada Gangguan!

pesta demokrasi di sumut

Topmetro.News – Pesta demokrasi di Sumut terpantau berjalan aman dan damai. Secara umum situasi Kamtibmas saat pesta demokrasi di Sumut, Rabu (17/4/2019) aman damai, hingga pukul 18.40 WIB. Hal itu disebut Irjen Pol Agus Andrianto, Kapolda Sumut seperti dikutip Topmetro.News dari matatelinga.

Pesta Demokrasi di Sumut Tak Ada Gangguan

“Masyarakat Sumut sudah menjalankan hak politiknya dengan baik, tidak ada gangguan, intimidasi dan lain-lain,” ucap dia.

Dalam pengamanan ini, kata Kapoldasu, pihaknya dibantu seluruh unsur TNI (Kodam I/BB, Lantamal I Belawan, Dan Lanud dan Pangkosek) serta jajaran melaksanakan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan meonitoring.

“Sangat terbantu dengan kesadaran masyarakat. Ternyata kesadaran bahwa kamtibmas adalah kebutuhan semua masyarakat.” ucapnya.

Tunggu Penetapan Hasil Resmi

Dia meminta kepada seluruh masyarakat agar sabar menunggu penetapan hasil resmi dari KPU, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu.

“Hormati keputusan masyarakat, patuhi aturan hukum dan jaga ketertiban bersama. Ini pesta demokrasi Bangsa Indonesia, pestanya warga Sumatera Utara, kemenangan kita semua, mari bersatu padu memajukan Sumatera Utara menyongsong masa depan yang lebih baik.”

Gelar Patroli Skala Besar

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI MS Fadhilah bersama ratusan personil gabungan TNI-Polri menggelar patroli skala besar saat hari pesta demokrasi Pemilu 2019 dimulai, Rabu (17/4). Hal ini dilakukan guna menjamin pelaksanaan keamanan di hari pencoblosan.

Patroli ini, dimulai dari titik kumpul di Lapangan Merdeka, kemudian berkonvoi dengan sepeda motor mengarah ke Jalan Guru Patimpus – Jalan Gatot Subroto – Jalan Iskandar Muda – Jalan Abdulah Lubis -Jalan Sei Baharok – Jalan Gajah Mada – Jalan S Parman.

Selanjutnya ke Jalan Sudirman – Jalan Pemuda – Jalan M.T Haryono – Jalan Thamrin – jalan Asia – Kompleks Asia Mega Mas – Jalan Wahidin – Jalan AR Hakim – Jalan Prof H M Yamin dan kembali ke Lapangan Merdeka.

baca juga | BIKIN RUSUH PEMILU, PROVOKATOR BAKAL GALI LUBANG SENDIRI

Seperti disiarkan Topmetro.News sebelumnya, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono menegaskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 tak akan rusuh atau chaos.

Menurut Hendropriyono, pembuat rusuh Pemilu bakal menggali lubang sendiri.

“Orang yang mengancam-ancam mau membikin chaos, itu kan ada orang itu. Saya juga baca. Dia itu menggali lubang sendiri,” kata Hendropriyono usai memberikan kuliah Filsafat Intelijen di Sekolah Tinggi Hukum Militer, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (12/4/2019).

Hendropriyono menegaskan TNI/Polri tak mungkin membiarkan para provokator pembuat rusuh Pemilu 2019 beraksi. Apalagi, kata dia, mayoritas masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cinta damai dan toleran.

“Tentara dan polisi itu siap selalu untuk mengamankan rakyat. Karena hukum yang tertinggi adalah keselamatan rakyat. Itu yang harus dipegang. Hukum lain itu di bawah,” tandas dia.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment