Bawa Uang Palsu Rp2,9 Miliar, Terjaring Razia PSBB

Bawa Uang Palsu2

TOPMETRO.NEWS – Bawa uang palsu lantaran razia PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Ini yang terjadi di wilayah hukum Polres Tasikmalaya. Personil kepolisian berhasil mengungkap kasus peredaran uang palsu. Sedikitnya 4 orang tersangka asal Jakarta dan Bogor diamankan lantaran bawa uang palsu sebanyak 29.600 lembar pecahan Rp100 ribu.

Bawa Uang Palsu 29.600 Lembar

Meski tidak bisa dikategorikan dalam hitungan nominal, namun jika dihitung uang palsu dimaksud mencapai Rp2,9 miliar.

AKBP Hendria Lesmana, Kapolres Tasikmalaya mengatakan, barang bukti uang palsu dan para tersangka diamankan saat melaksanakan Operasi Ketupat Lodaya serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Pospam Cikunir.

Bawa Uang Palsu

Awalnya Petugas Curiga

“Petugas mencurigai kendaraan berplat nomor Bogor yang ditumpangi empat pelaku. Semula petugas mengira, pelaku merupakan pemudik namun saat digeledah ternyata menemukan uang palsu dalam dua tas besar,” jelasnya, Kamis (14/5/2020).

Keempat pelaku yang diamankan adalah MD, N, MSSP dan JUB.

“Para pelaku mengaku sengaja membawa uang palsu milik temannya bernama Erwin asal Tangerang, Banten. Uang palsu ini sudah dibawa selama tiga bulan dengan keliling Jawa,” jelasnya seperti disiarkan pojoksatu.

Bukan untuk Diedarkan

Namun, para pelaku berkilah uang palsu itu tidak untuk diedarkan. Melainkan tengah mencari orang pintar yang bisa menyempurnakan uang palsu itu hingga bisa diperjual-belikan.

BACA ARTIKEL INI | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

“Mereka berencana mendatangi orang pintar di kawasan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya,” kata polisi.

SIMAK SELENGKAPNYA | Edarkan Uang Palsu, Seorang Wanita Muda ‘Gol’

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, tim Pegasus Polsek Sunggal meringkus pelaku yang nekat edarkan uang palsu (upal). Pelaku bernama Sinta Boru Sembiring (20), warga Jalan Serasi, Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang.

Polisi menjelaskan, penangkapan pelaku berawal dari informasi masyarakat Desa Medan Krio, tepatnya di Pajak Medan Krio.

reporter | Dpsilalahi
sumber | pojoksatu

Related posts

Leave a Comment