Ingin Berat Badan Terjaga, Simak Porsi Makan Siang Ideal Anda

porsi makan siang

TOPMETRO.NEWS – Berapa banyak porsi makan siang Anda? Rupanya Tak baik jika Anda melewati waktu makan siang, karena hal ini akan memengaruhi kecukupan asupan gizi sehari-hari. Namun bukan berarti, Anda bisa menentukan porsi makan siang dengan seenaknya.

Porsi Makan Siang Jangan Berlebihan

Untuk mengatasi rasa lapar, orang yang tidak biasa mengonsumsi sarapan pagi biasanya akan makan siang dengan porsi yang berlebihan. Hal seperti ini justru dapat menambah risiko kenaikan berat badan.

Dalam menentukan menu makanan yang sehat dan tepat tidak bergantung dengan seberapa kenyang perut Anda atau seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Porsi makanan tersebut haruslah memenuhi jumlah kalori tertentu.

Hitung Jumlah Kalori

Tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu menghitung berapa banyak kalori dari setiap makanan. Simak trik berikut ini agar lebih mudah mengatur porsi makan siang yang tepat.

Makan Siang Kebutuhan kalori setiap orang per hari sebenarnya tidak bisa dipukul rata. Banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan kalori setiap orang, seperti jenis kelamin, usia, riwayat kesehatan, hingga seberapa berat aktivitas yang dilakukan sehari-harinya.

Nah, porsi makan siang yang ideal ini haruslah dikendalikan dengan mengikuti kebutuhan kalori tubuh Anda.

Gunakan Kalkulator Kalori

Untuk mengetahui kebutuhan kalori setiap hari, Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan Rumus Harris-Bennedict, Rumus dari World Health Organization (WHO), ataupun menggunakan kalkulator kalori dari Hello Sehat yang bisa diakses pada link ini http://bit.ly/kalkulatorkebutuhankalori.

Idealnya, kebutuhan kalori yang perlu dipenuhi dalam satu porsi makan siang adalah 30 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari.

Tiga Kali Makanan Berat

Dengan catatan, pola makan teratur yang Anda laksanakan adalah tiga kali makan berat dan dua kali snack dalam sehari.

Cara lain untuk memastikan kebutuhan kalori Anda adalah dengan berkonsultasi dengan dokter dan Ahli gizi yang Anda percaya.

Misalnya kebutuhan kalori harian Anda setelah dihitung adalah sebesar 2000 kalori. Maka, porsi makan siang yang dianjurkan adalah sebanyak 600 kalori.

Soal Gizi Seimbang

Nah, dari angka itu barulah dibagi lagi menjadi porsi per bahan makanan, dari karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral. Membagi Komposisi Makanan Setelah tahu berapa banyak kalori yang sebaiknya dimakan saat makan siang, selanjutnya Anda mesti pahami bagaimana cara membaginya ke dalam bahan-bahan makanan, dari makanan pokok, lauk-pauk, hingga sayur dan buah.

Kini Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan anjuran baru yaitu Pedoman Gizi Seimbang yang didalamnya menjelaskan tentang bagaimana Anda harus membagi makanan dalam satu piring.

BACA SELENGKAPNYA | Hindari 3 Bahan Makanan Ini Jika Anda tak Ingin Buncit

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, wanita mana menginginkan tubuh ideal dengan perut tidak buncit. Namun, timbunan lemak seringkali membuat harapan itu sulit tercapai. Ada 3 bahan makanan penyebab perut buncit. Ayo kita lihat

Menurut Dr. Grace Judio, MSc, MH, CHt., untuk mendapatkan perut rata, harus disiplin mengonsumsi makanan bergizi seimbang dalam jumlah yang tidak berlebihan.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | jpnn/Dpsilalahi

Related posts

Leave a Comment