Secapa TNI AD Jadi Klaster Baru, Bukti Asrama Rentan Corona

asrama rentan corona

TOPMETRO.NEWS – Asrama rentan Corona, penyebaran virus Covid-19? Setidaknya Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Bandung menjadi klaster baru kasus positif corona (Covid-19) di Jawa Barat. Sebanyak 1.262 orang terdiri dari peserta didik dan pelatih Secapa TNI AD yang positif terinfeksi virus corona.

Asrama Rentan Corona, Berlakukan Protokol Kesehatan

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena melihat sekolah atau tempat pelatihan dengan asrama rentan Corona atau menjadi klaster penyebaran baru sehingga, swab test PCR secara periodik sangat diperlukan selain memberlakukan protokol kesehatan secara detil dan ketat.

“Pemberlakuan protokol kesehatan di sekolah atau pelatihan berasrama seperti pesantren, seminari, atau Secapa TNI AD yang sekarang mengalami klaster terbesar harus dilakukan ketat dan disiplin. Potensi penularan satu komunitas sekaligus sangat mungkin terjadi jika salah satu anggota komunitas terkena Covid-19,” kata Melki kepada pers, Jumat (10/7/2020).

Kondisi Lingkungan Tertutup

Menurutnya, kondisi lingkungan yang tertutup dan interaksi yang rutin setiap hari dari semua anggota peserta didik dan pendidik selama 24 jam dan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan perlu diantisipasi dengan ekstra ketat.

Sehingga, protokol kesehatan harus dibuat lebih detil, jelas dan konkret. Protokol itu juga harus diberlakukan jauh lebih ketat dan disiplin.

“Jaga jarak, cuci tangan gunakan sabun, pakai masker harus jadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari. Pengecekan secara acak dan berkala melalui rapid test atau PCR/TCM tentunya rutin dilakukan secara periodik seminggu atau dua minggu sekali untuk memastikan apakah komunitas asrama masih aman atau ada yang terjangkit,” terang Melki.

Tergantung Imunitas Peserta

Politikus Partai Golkar ini melanjutkan, sebagaimana kasus Secapa TNI AD, kalau ada satu yang terjangkit maka diperkirakan semuanya terdampak sehingga, penyebaran Covid-19 hanya tergantung pada imunitas dan kondisi tubuh masing-masing.

“Ada yang terkena tapi tanpa gejala, ada yang gejala ringan, sedang dan bahkan berat,” imbuhnya.

Cek Rutin Imunitas

Dia mengusulkan, semua sekolah atau komunitas yang memiliki asrama dapat dicek secara rutin seminggu atau dua minggu oleh pengelola atau pendidik dengan dibantu oleh pemerintah daerah (pemda) atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Sehingga pelajaran kasus secapa TNI AD bisa dihindari di waktu mendatang. Pemberlakuan protokol kesehatan juga harus dilakukan dan diawasi lebih ketat oleh pendidik atau pengelola disupervisi aparat pemda dan Gugus Tugas.”

BACA SELENGKAPNYA | Petugas PPS Positif Corona, Disdik Samosir Batalkan Pelajar Masuk Sekolah

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, pasca Gugus Tugas Covid-19 di Samosir secara resmi mengumumkan adanya seorang petugas PPS positif Corona, Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir akhirnya membatalkan rencana masuknya kembali para pelajar ke sekolah.

Seharusnya, para pelajar dari tingkat SD dan SMP sudah kembali belajar secara tatap muka, Senin (13/7/2020). Masalah batalnya rencana pelajar kembali ke sekolah itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir Drs Rikardo Hutajulu MPd.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | spiritriau/indeksberita

Related posts

Leave a Comment